Senin, 14 Mei 2012

Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari
Kabupaten Bogor – Jawa Barat – Indonesia
Taman Wisata Mekarsari
Gerbang tiket di Taman Wisata Mekarsari

A. Selayang Pandang

Berkunjung ke Bogor terasa kurang lengkap jika belum menikmati indahnya obyek wisata alam Taman Wisata Mekarsari. Obyek wisata seluas 264 hektar ini memiliki pemandangan alam yang indah dan ditumbuhi aneka jenis buah-buahan. Lokasi wisata ini juga cukup strategis sehingga mudah dijangkau pengunjung dari berbagai arah.
Taman yang dibangun pada tahun 1990 ini merupakan pusat budidaya tanaman buah terlengkap di Indonesia. Setelah lima tahun masa pembangunannya, akhirnya taman ini diresmikan pada tahun 1995 oleh Presiden Suharto. Taman yang didirikan oleh Ibu Tien Suharto ini pada mulanya bernama Taman Buah Mekarsari. Namun seiring dengan berjalannya waktu, pada tahun 2004 taman ini kemudian direnovasi dan berubah nama menjadi Taman Wisata Mekarsari.
B. Keistimewaan
Di area Taman Wisata Mekarsari ini, pengunjung dapat melihat kebun buah yang di dalamnya terdapat berbagai jenis tanaman buah (rambutan, mangga, belimbing, jambu, dan lain sebagainya). Di area taman wisata ini pengunjung juga boleh memetik buah-buahan yang disukai untuk dimakan di tempat, dengan syarat tidak merusak tanaman. Selain berbagai jenis buah-buahan tersebut, pengunjung juga dapat melihat areal pembibitan dan persemaian, areal rumah plastik, wahana outbound, kebun sayur, kolam pemancingan, tanaman buah dalam pot, dan lain sebagainya.

Kebun Bunga dan kebun Belimbing
Sumber Foto: www.mekarsari.com dan www.potlot-adventure.com
Salah satu area yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat berada di Taman Wisata Mekarsari yaitu area rumah plastik. Di dalam lokasi rumah plastik ini, pengunjung dapat melihat beberapa tanaman melon dari berbagai jenis, di antaranya golden light, jade flower, glamour, golden langkawi, dan renong. Berbagai jenis melon ini berasal dari bibit unggul dan berkualitas baik yang didatangkan dari dalam maupun luar negeri. Bagi pengunjung yang menginginkan buah-buahan ini atau sekedar bibit tanamannya, dapat membeli di lokasi persemaian rumah plastik ini dengan harga yang cukup terjangkau.
Setelah puas menikmati aneka buah dan lahan pembibitannya, selanjutnya pengunjung dapat menikmati beberapa permainan seperti Floating Donat, Giant Bubble, Kano, Becak Air, Aqua Bike, dan naik perahu yang terbuat dari kayu. Uniknya, Giant Bubble merupakan jenis permainan yang tergolong langka dan jarang terdapat di obyek wisata lain di Indonesia. Selain itu, banyak juga para pengunjung yang sekedar memanfaatkan kunjungannya hanya untuk berjalan-jalan menikmati indahnya taman sambil menghirup udaranya yang sejuk segar.
Di musim liburan, kawasan wisata ini biasanya ditambah dengan fasilitas pentas hiburan terbuka seperti Tarian Kendang Waroja, Rampak Beduk, dan berbagai macam tarian khas Jawa Barat lainnya. Tak hanya itu, bagi Anda wisatawan muda yang gemar dengan musik, di musim liburan biasanya juga dipentaskan musik dangdut dan band oleh artis-artis terkenal. Untuk menyaksikan pentas ini, pengunjung tidak dipungut biaya.

Pentas Dangdut di Taman Wisata Mekarsari
Sumber Foto: www.mekarsari.com
Pengalaman lain yang tak kalah menariknya saat berkunjung di Taman Wisata Mekarsari ialah indahnya suasana air di Danau Cipicung. Di danau ini, pengunjung dapat berkeliling dengan naik perahu motor. Saat berkeliling, pengunjung akan melihat indahnya jembatan yang melintang di atas danau. Jembatan besi yang berwarna merah itu nampak eksotik jika dilihat dari kejauhan. Banyak pengunjung yang datang menyaksikan keindahan jembatan ini sekaligus memanfaatkannya untuk berfoto-foto.
Bagi pengunjung yang gemar akan suasana alam, lokasi camping ground di taman ini juga cocok bila digunakan sebagai tempat menginap. Lokasi camping ground ini cukup bersih, kondisinya rindang, dan ditumbuhi rerumputan yang menghijau. Bagi pengunjung yang ingin memanfaatkan lokasi ini untuk kemah berombongan tak perlu cemas dengan fasilitas pendukungnya, sebab sudah tersedia sound system, tenda pleton, tikar, panggung permainan, dan lain-lain sesuai dengan permintaan.
Bagi Anda yang ingin melihat keindahan alam Taman Mekarsari dan kota Bogor dari ketinggian, dapat menuju  tower setinggi 30 meter yang berada di kawasan ini. Dari atas tower ini, wisatawan akan melihat hijaunya dedaunan taman dan suasana Kota Bogor dari ketinggian.
Taman Wisata Mekarsari merupakan obyek wisata yang memadukan antara unsur Konservasi, Reboisasi, Edukasi, dan Rekreasi. Sehingga, dengan berekreasi di obyek wisata ini, pengunjung sekaligus juga dapat menikmati indahnya alam sambil menambah wawasan baru. Tak hanya itu, di tempat ini pengunjung juga dapat berbelanja berbagai macam buah segar, menanam tanaman buah, atau hanya sekedar memberi pupuk pada tanaman yang ada. Untuk menikmati obyek wisata Taman Buah Mekarsari ini, pengunjung dapat menyusuri setiap areal perkebunan dengan berjalan santai ataupun menggunakan sarana angkutan kereta mini yang terdapat di taman ini.

C. Lokasi

Taman Wisata Mekarsari terletak di Jalan Raya Cielungsi—Jonggol km 3, tepatnya di Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

D. Akses

Untuk menuju Taman Wisata Mekarsari cukup mudah karena terletak di pinggir jalan dan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi (mobil) maupun kendaraan umum (bus), baik dari Jakarta, Bogor, maupun Bekasi. Jika pengunjung memulai perjalanan dari UKI (Universitas Kristen Indonesia), maka pengunjung dapat naik bus jurusan UKI—Cileungsi, dan turun di Cileungsi. Setelah itu, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dengan naik angkutan kota jurusan Cileungsi—Jonggol, kemudian turun di lokasi. Bagi pengunjung yang berangkat dari Kampung Rambutan, dapat menuju kawasan wisata ini dengan naik angkutan kota dengan nama Kowanbisata jurusan Kampung Rambutan—Jonggol. Sedangkan jika pengunjung akan memulai perjalanan dari Bogor, maka pengunjung dapat naik angkutan kota Kowanbisata jurusan Bogor—Jonggol, dan turun di lokasi. Tak hanya itu, pengunjung dapat pula memulai perjalanan dari Bekasi dengan naik bus Kowanbisata jurusan Bekasi—Jonggol dan turun tepat di depan gerbang masuk obyek wisata Taman Wisata Mekarsari. Sedangkan bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi (mobil) dari tol Cibubur, perjalanan untuk menuju obyek wisata ini biasanya dibutuhkan waktu sekitar 20—30 menit untuk sampai di lokasi.

E. Harga Tiket

Bagi pengunjung yang ingin memasuki Taman Wisata Mekarsari, terdapat harga tiket sebesar Rp 5.000 per orang, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun, jika pengunjung ingin menikmati fasilitas yang ada seperti kereta mini, maka setiap pengunjung harus mengeluarkan ongkos tambahan sebesar Rp 10.000. Sedangkan bagi pengunjung yang ingin menikmati permainan-permainan air: Perahu Naga, Kano, Banana Boat, Angsa Air, Aqua Bike, Floating Donat, dan Giant Bubble, maka terdapat tarif sebesar Rp 10.000—Rp 45.000 per orang. Selain beberapa permainan itu, terdapat juga paket Out Bond dengan tarif sebesar Rp 15.000 per orang untuk satu kali putaran (Februari 2009). Taman wisata ini dibuka setiap hari Selasa sampai dengan Minggu, mulai pukul 09.00—16.00 WIB.

F. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Di lokasi Taman Wisata Mekarsari terdapat berbagai macam fasilitas di antaranya permainan anak-anak (bom bom car, mobil mini, monorail, gokart, aeroplane, dan lain-lain), wahana bunga bangkai, wahana danau, kebun wisata melon, kebun wisata salak, kebun wisata belimbing, dan lain sebagainya. Terdapat juga berbagai macam pedagang makanan dan minuman, serta kios suvenir (kaus, kerajinan tangan, topi, gantungan kunci, dan lain-lain). Bagi pengunjung yang ingin menginap, terdapat berbagai macam hotel yang ada di sekitar obyek wisata ini.

SUMBER : http://wisatajawa.wordpress.com/wisata-jawa-barat/taman-wisata-mekarsari/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar