Sabtu, 16 November 2013

Tugas Jurnalistik (Tulisan Investigasi)



Pangsit Berbahaya!

Makanan ringan seperti pangsit mungkin bukan makanan ringan yang aneh lagi untuk masyarakat Indonesia, pangsit sendiri dapat dijumpai untuk makana pelengkap dan pangsit memiliki dua macam pangsit basah dan pangsit kering. Selama kita memakannya mungkin tidak pernah terpikirkan pangsit itu berbahaya namun nyatanya terdapat pangsit berbahaya yang dijual bebas diluaran sana.

Sebut saja Itong (Nama Samaran), seorang produsen pangsit di sela-sela wawancaranya mengungkapkan bahwa dirinya sudah biasa menggunakan pijer/boraks dalam proses pembuatannya. Dirinya mengatakan kalau tidak menggunakan borak maka pangsit dalam 1 hari akan basi, sedangkan kalau menggunakan borak maka dalam 1 minggi hingga 1 bulan pangsit dapat bertahan dan tidak basi. Lain lagi pada pangsit isi, disana Itong menggunakan daging kualitas jelek atau hampir busuk dan hanya sedikit menambahkan daging yang baik. Dan seperti produsen curang lainnya, dia sendiri juga mengatakan tidak mau mencicipi pangsit buatannya. Dalam sehari dirinya bersama rekannya menghasilkan 1000 pangsit dengan penambahan borak yang asal-asalan. Jadi, bayangkan saja berapa borak yang ada didalam pangsit tersebut tersebar ke banyak orang. Belum lagi kualitas tepung yang digunakan juga tak kalah jelek atau bahkan kadaluarsa serta minyak jelantah yang digunakan berulag kali, hal tersebut dapat menyebabkan rasa gatal pada tenggorokan dan jangka pangjang akan menyebabkan kangker hati bila dikonsumsi terus menerus.
Dibawah ini adalah cara membedakan pangsit yang berkualitas baik dan tidak.

Berkualitas baik :
1.      Tidak ada minyak yang menempel
2.      Bau seperti terigu dan tidak asam
3.      Setelah lewat satu hari ada bintik-bintik hitam
4.      Waktu dimakan terasa renyah dan tidak ada rasa terigu
5.      Kulit pangsit elasti
6.      Kulit pangsit tidak menggembung terpisah saat digoreng

Berkualitas jelek :
1.      Minyak terlihat menempel
2.      Kulit pangsing terlihat menggembung setelah digoreng
3.      Bau seperti jamur dan asam pada kulit pangsit yang masih basah
4.      Kulit pangsit mudah sobek
5.      Seperti ada rasa terigu saat dimakan
6.      Tidak elastis
7.      Setelah lewat satu hari atau beberapa waktu yang lama tidak ada bintik-bintik hitam.

Memang tidak semua penjual pangsit melakukan kecurangan namun teliti lah sebelum membeli karena kesehatan itu sangat penting untuk tubuh kita sendiri.

Referensi : Reportase Investigasi Trans TV.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar