Rabu, 10 Oktober 2012

ILMU SOSIAL DASAR

Tugas 1.

Jelaskan mengenai definisi dari Ilmu Sosial Dasar! (3 sumber)

1. Ilmu sosial Dasar (Pertama)

Ilmu social dasar ( ISD ) adalah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah – masalah social yang timbul dan berkembang, khususnya yang diwujudkan oleh warga Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social. pengetahuan yg menelaah masalah2 sosial, khususnya masalah – masalah yg diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori – teori yg berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah).


 2. Ilmu Sosial Dasar (kedua)
      
             Ilmu sosial dasar adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk menkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi , dan penalaran mahaiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkugnan sosialnya dapaat menjadi lebih besar.
            
SUMBER:http://gerdysangpenakluk.blogspot.com/2012/01/latar-belakang-pengertian-dan-tujuan.html



3. Ilmu Sosial Dasar (Ketiga)
            ISD adalah ilmu pengetahuan yang membahas masalah sosial dari berbagai aspek ilmu pengetahuan yang pembahasaannya searah atau mendukung dengan apa yang terkait dalam isd. Ilmu sosial dasar bukanlah ilmu yang disiplin tersendiri, karena isd tidak mempunyai obyek tesendiri dalam pengembangannya. Tetapi, isd juga bukan gabungan dari ilmu-ilmu sosial lainnya karena masaing-masingnya mempunyai obyek-obyeknya sendiri sehingga sangat tidak mungkin untuk dipadukan. Maka dari itu isd hanya khusus dirancang untuk perguruan tinggi.
SUMBER : http://tyaskartika.blogspot.com/2010/11/pengertian-ilmu-sosial-dasar-isd_14.html


KESIMPULAN : Jadi menurut saya ilmu social dasar adalah  suatu ilmu yang mempelajari hubungan social yang berada dimasyarakat, agar daya tanggakap, dan persepsi masyarakat dalam lingkungan social dapat lebih ditingkatkan, dan kita juga harus lebih peka dengan apa yang sedang terjadi dimasyarakat.
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar